DPR Dukung Penuh Langkah Pemerintah Hadapi Corona

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Anggota DPR F-Nasdem, Subardi menegaskan dukungannya kepada pemerintah untuk berbuat apapun dalam menanggulangi penyebaran virus Corona. Hal ini disampaikannya menanggapi pengumuman dari Presiden Joko Widodo perihal dua warga Depok Jabar positif terkena virus Corona.

“Kami akan menggalang dukungan dari teman-teman lintas Fraksi di DPR untuk mendukung langkah pemerintah. Saya yakin segenap anggota dewan akan setuju menggunakan fungsi pengawasan dan fungsi anggaran untuk mendukung pemerintah,” tegas Subardi, Senin (02/03/2020).

Menurut Ketua DPW Nasdem DIY ini, beberapa kebijakan pemerintah sudah tepat seperti menunjuk 100 Rumah Sakit Rujukan di seluruh Indonesia dan berencana membuka crisis center. Ini penting karena memang butuh tindakan tanggap darurat seketika ada laporan kasus baru. Kalau perlu pihak swasta juga memfasilitasi pelayanan kesehatan bagi pasien Covid-19.

Memang secara tugas dan fungsi kasus Corona merupakan wilayah Komisi IX, tetapi saat ini yang dibutuhkan adalah sinergi dan persamaan persepsi antar lembaga pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah. Kebetulan saat ini DPR sedang reses (kunjungan dapil), maka ada kesempatan pula tiap anggota DPR mengunjungi fasilitas kesehatan di daerah pemilihannya. Tujuannya untuk memastikan kesiapan dan kewaspadaan sebagai bentuk tanggung jawab kepada rakyat.

Masyarakat pun diimbau tak perlu panik apalagi bertindak berlebihan seperti memborong bahan pangan. Tindakan tersebut dikhawatirkan kontraproduktif dengan semangat menanggulangi Corona.

Instansi kesehatan mulai dari Rumah Sakit Umum Daerah, Rumah Sakit Swasta, Puskesmas hingga Klinik-Klinik Kesehatan juga penting untuk lebih siaga dan proaktif melakukan sosialisasi pencegahan virus yang kian menggemparkan dunia. (*)

BERITA REKOMENDASI