DPR Kumpulkan KPK, Polri dan Kejagung

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Komisi III DPR menggelar rapat gabungan yang mempertemukan antara Kapolri, pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Jaksa Agung untuk membahas soal penanganan terbaik terhadap kasus korupsi.

Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo mengatakan, rapat koordinasi ini dilaksanakan lantaran pihaknya melihat belum ada kemajuan signifikan dalam menekan angka korupsi selama 15 tahun KPK berdiri.

"Bahkan sebaliknya, makin masif. Kita ingin arah dan agenda pemberantasan korupsi tidak hanya menghasilkan kegaduhan dan festivalisasi, tapi hasil nyata terhadap pertumbuhan ekonomi, bisnis dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Menurut Bambang, pola pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK saat ini malah kontraproduktif bagi pembangunan nasional, terutama di daerah. Indikasinya, ada ketakutan dari Kepala Daerah dan pejabat di Kementerian dalam mengeksekusi berbagai program pembangunan kerena takut dipenjarakan KPK.

Selain itu ada banyaknya dana mengendap di bank, serta dilema dari para pengusaha. "Itulah kurang lebih yang akan kita evaluasi dan bicarakan dengan para pemangku kepentingan penegak hukum (Jaksa Agung, Kapolri, dan KPK)," jelasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI