DPR Minta Jaminan Keselamatan Dokter Dievaluasi

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah melakukan evaluasi terkait jaminan keselamatan dalam penanganan virus corona atau Covid-19.

Permintaan ini disampaikan Saleh menyusul catatan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) 100 dokter telah gugur selama pandemi Covid-19 hingga 30 Agustus 2020. Seluruh dokter yang meninggal itu dalam kondisi positif Covid-19.

“Saya melihat, pemerintah harus melakukan evaluasi terhadap treatment atau perlakuan kepada dokter. Terutama, mereka harus dilindungi ketika bertugas,” kata Saleh.

Dia menyatakan evaluasi harus dimulai dari pemberian perlindungan berupa alat pelindung diri (APD) yang sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kepada para tenaga medis. Selain itu, lanjutnya, evaluasi juga harus dilakukan terhadap sarana dan prasarana penanganan Covid-19 di rumah sakit di seluruh Indonesia.

Berikutnya, menurut Saleh, pemerintah perlu membuat aturan tentang jam kerja para dokter. Dia mengatakan, jam kerja berlebih akan berdampak pada daya tahan para dokter sehingga pelayanan yang diberikan menjadi tidak maksimal. (*)

BERITA REKOMENDASI