DPR Minta Pemerintah Operasi Pasar Masker

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Anggota DPR RI Ananta Wahana meminta pemerintah menggelar operasi pasar guna menekan kenaikan harga sejumlah kebutuhan akibat penyebaran virus corona (covid-19).

Anggota Fraksi PDIP ini menyoroti harga beberapa barang seperti cairan pencuci tangan (hand sanitizer) dan masker yang melonjak setelah isu penyebaran corona. Dia berpendapat operasi pasar dapat menekan lonjakan harga barang-barang itu.

“Pemerintah harus lakukan operasi pasar. Masker dan hand sanitizer harganya di pasar melonjak, perlu intervensi pemerintah biar menormalkan harga,” kata Ananta.

Selain dua jenis barang itu, Ananta juga menyoroti kenaikan harga rempah-rempah. Begitu pula lonjakan harga kebutuhan pokok di sejumlah daerah.

Dia bilang pemerintah harus bergerak cepat melakukan operasi pasar. Selain untuk menekan harga, kebijakan itu juga diharapkan bisa menjaga stok barang di tingkat bawah agar tak terjadi kelangkaan.

Anggota Komisi VI DPR RI itu juga meminta pemerintah merumuskan aturan untuk mengendalikan harga dan stok barang. Menurutnya, pemerintah harus mencegah oknum memanfaatkan momentum corona untuk menaikkan harga. (*)

BERITA REKOMENDASI