DPR Minta Penyelidikan Mendalam Insiden Tank TNI Tenggelam di Sungai

JAKARTA, KRJOGJA.com – Anggota Komisi I DPR RI dari Partai Golkar Dave Laksono mendorong penyelidikan mendalam terkait insiden tank terguling yang menewaskan dua orang di Purworejo, Jawa Tengah. 

Dua orang tewas dalam kejadian itu yakni anggota TNI Pratu Randi Suryadi dan Kepala Paud Ananda Iswandari. Sebanyak tiga unit tank dari Batalyon Infanteri Mekanis 412 Divisi Infanteri 2/Kostrad dikerahkan untuk kegiatan outbound di Sungai Bogowonto, Kabupaten Purworejo. 

Kendaraan lapis baja itu selanjutnya mengangkut anak-anak Paud dan TK menyusuri sungai. Tank pertama dan ketiga berhasil berjalan mulus. Nahas, tank kedua yang diawaki lima anggota TNI dan 17 penumpang terdiri 16 siswa serta satu guru, tergelincir hingga tenggelam.

"Saya turut berduka cita atas meninggalnya korban tersebut. Harus ada penyelidikan kenapa sampai tank tersebut bisa terbalik dan menewaskan korban prajurit dan sipil," ujar Dave, Minggu (11/3/2018).

Dave juga mempertanyakan, tentang kondisi tank saat terjadi kecelakaan, apakah layak atau tidak untuk dioperasikan. Atau, apakah pengendara tidak memahami seluruh operasional tank?

Selain itu menurut Dave, memang sudah sepantasnya meremajakan alat utama sistem pertahanan (alutsista). Namun memang diakui hal itu masih terganjang dengan APBN yang belum mencukupi. "Memang sudah kebutuhan utama untuk meremajakan alutsista kita. Namun kekuatan APBN masih blum bisa menutup kebutuhan tersebut," pungkasnya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI