DPR Minta TNI Bantu Penanganan Corona

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi meminta Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyiapkan diri untuk membantu penanganan penyebaran virus corona (Covid-19).

Menurutnya, peran militer dibutuhkan apabila pelayanan kesehatan publik yang dikelola oleh sipil, seperti rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), tidak mampu lagi menangani atau menampung masyarakat yang diduga terjangkit virus corona.

“Militer diperlukan bila otoritas sipil, sudah overheat atau kekurangan kapasitas pelayanan kesehatan publik seperti rumah sakit dan puskesmas penuh, (yang berakibat) terjadi penurunan pelayanan publik lain, keperluan isolasi di banyak trouble spot dan lain-lain,” kata Bobby.

Dia menyatakan TNI harus menyiapkan diri sejak saat ini sehingga bisa langsung dikerahkan ketika keadaan semakin mendesak di hari mendatang. Ia pun berharap Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyiapkan pusat tim krisis jika peran TNI diperlukan dalam membantu penanganan virus corona.

“Ini seperti ibarat pelampung di kapal laut, baiknya tidak digunakan tapi bila situasi mendesak, sudah siap dan saya sangat yakin TNI siap,” katanya. (*)

BERITA TERKAIT