DPR RI: Sektor Pertanian Penyelamat Resesi Ekonomi

“Bagaimanapun capaian ini merupakan kontribusi dan dukungan dari berbagai stakeholders.  Kementan selalu terbuka dengan berbagai pihak untuk berkolaborasi. Mudah-mudahan, momentum hari kemerdekaan ini bisa melecut kinerja di semua sektor kembali tumbuh positif,” kata Kuntoro.

Untuk itu, Johan mendesak pemerintah segera membuat kebijakan penambahan anggaran yang signifikan untuk mendorong sektor pertanian, termasuk didalamnya tanaman pangan, perkebunan, peternakan, perikanan, kelautan dan kehutanan menjadi kunci penting menuju pemulihan ekonomi nasional.

Wakil rakyat dari Pulau Sumbawa ini melihat bahwa saat ini perlu penguatan industri pertanian di dalam negeri dan menghilangkan ketergantungan yang sangat tinggi terhadap impor. Johan menyebutkan hal ini merupakan kebijakan untuk meminimalisir terjadinya resesi ekonomi.

“Selain itu perlu juga adanya program sustainabilitas sektor pangan sebagai kunci dari sustainabilitas perekonomian agar kita memiliki ketahanan pangan sebagai bagian strategis dari ketahanan nasional kita,” tukas Johan.

Johan mengkritik pemerintah yang banyak memberikan stimulus kepada korporasi atau perusahaan besar tapi ternyata tidak berdampak pada peningkatan produksi dalam negeri.

“Sebaiknya pemerintah sekarang fokus menggenjot sektor pertanian dan memberikan proteksi harga komoditas pertanian supaya harga yang diterima petani tidak anjlok dan semoga daya beli masyarakat akan meningkat,” tutup Johan.(ati)

BERITA REKOMENDASI