DPR Tunggu Surat Presiden

JAKARTA (KRjogja.com) – Komisi I DPR RI menyatakan siap menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon duta besar (dubes) yang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, Komisi I masih harus menunggu surat dari Presiden Jokowi terkait penunjukan para dubes tersebut. 

"Kita akan lakukan fit and proper test dalam waktu dekat. Sepertinya dalam waktu dekat surat presidennya sudah sampai di DPR. Saya sendiri belum lihat. Kami siap agendakan secepat mungkin dalam masa sidang ini untuk fit and proper test para dubes," ujar anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Meutya Hafidz, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2016).

Ia menjelaskan, fit and proper test wajib bagi para semua calon dubes. Mengingat, hasil uji kelayakan dan kepatutan itu akan dijadikan pertimbangan bagi Presiden untuk melantik calon dubes. Kemudian, jelas Meutya, DPR memiliki hak mengusulkan pergeseran calon dubes jika dinilai tidak memenuhi syarat. 

"Ya wajib diadakan. Presiden tidak boleh melantik tanpa ada pertimbangan DPR. Kami bisa saja, kita akan lihat orang ini cocok apa tidak di negara yang ditentukan. Kita bisa saja mengusulkan pergeseran calon-calon dubes," paparnya. (*)

BERITA REKOMENDASI