Dua Gunung Api Berstatus Awas

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) bakal berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mulai hari ini untuk memastikan keamanan gunung berapi di Indonesia jelang Natal dan Tahun Baru 2018.

Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa mengatakan, terdapat dua gunung api di Indonesia yang memiliki status awas melalui pengamatan pada 18 Desember 2017 sampai pukul 10.00 WIB. "Ada dua yang statusnya awas, Gunung Agung dan Gunung Sinabung," ucap Fanshurullah, Senin (18/12/2017).

Ia memaparkan, totalnya terdapat sebanyak 127 gunung api di Indonesia. Selain ada yang berstatus awas, 18 gunung api lainnya juga memiliki status waspada. Artinya, jumlah yang memiliki status normal sebanyak 107 gunung api. "Jadi kami tetap koordinasi dengan BMKG," imbuhnya.

Seperti diketahui, pemantauan ini dilakukan karena BPH Migas menjadi ketua dalam Tim Posko Nasional ESDM untuk Natal dan Tahun Baru 2018. Lebih lanjut Fanshurullah mengatakan, pihaknya juga telah memastikan jika PT Pertamina (Persero) menambah pasokan elpiji 3 kilogram (kg). (*)

BERITA REKOMENDASI