Dua Penerbangan Haji Dari Bandara Halim Alami Keterlambatan

JAKARTA.KRJOGJA.com – Dua penerbangan haji melalui embarkasi Jakarta (Bandara Halim Perdanakusuma), Jumat (28/07/2017) mengalami keterlambatan pemberangkatan. Kondisi ini dikarenakan adanya pengelupasan landasan pacu (run way) setelah pesawat pengangkut Jamaah haji kloter pertama jenis Boeing B777 tinggal landas menuju Madinah, Arab Saudi.

Sesuai jadwal, hari ini akan diberangkatkan tiga penerbangan haji melalui bandara Halim Perdanakusuma. Satu penerbangan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dan dua penerbangan pesawat Saudia Airlines,  masing-masing tipe Boeing B777.

Pemberangkatan jadwal penerbangan haji berikutnya untuk sementara dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta dengan jadwal pemberangkatan pada pukul 13.05 WIB. Selanjutnya, setelah Bandara Halim Perdanalusuma beroperasional kembali, maka jadwal penerbangan haji akan diberangkatkan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus Santoso menjelaskan, untuk kepentingan perbaikan run way yang terkelupas, Bandara Halim Perdanakusuma ditutup selama tiga jam. Penutupan ini sesuai NOTAM A2511/17 yang dikeluarkan Direktorat Navigasi Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub.

"Kami minta maaf atas terjadinya keterlambatan keberangkatan jamaah haji dari Bandara Halim Perdanakusuma dikarenakan terjadinya pengelupasan landasan," kata Agus Santoso.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menginstruksikan Dirjen Perhubungan Udara segera mengkoordinasikan dengan pihak Manajemen PT Angkasa Pura II dan panitia embarkasi haji Bandara Halim Perdanakusuma untuk penanganan pelayanan jamaah haji.

Terkait kerusakan itu, Dirjen Perhubungan Udara juga memerintahkan kepada penyelenggara bandara embarkasi haji untuk melaksanakan rencana kontijensi sesuai hasil verifikasi yang telah dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub. (Imd)

BERITA REKOMENDASI