Dua WNI Sandera Abu Sayyaf Kembali Kepada Keluarga

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Dua sandera kelompok Abu Sayyaf asal Indonesia yang berhasil lolos pada Kamis 7 September resmi kembali ke pangkuan keluarga. Kedua sandera atas nama Saparuddin bin Koni dan Sawal bin Maryam diserahterimakan ke keluarga oleh pihak Kementerian Luar Negeri hari ini.

Serah-terima tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Luar (Menlu) Negeri Indonesia, Retno Marsudi. Selain itu, kegiatan ini juga turut disaksikan oleh Wakil Bupati Majene, H. Lukman, M.Pd dan beberapa anggota DPD setempat. Sebagaimana diketahui kedua sandera merupakan warga Dusun Poniang, Sendana, Majene, Sulawesi Barat.

"Dengan telah diserahterimakan, kedua WNI tersebut akan segera dipulangkan ke daerah asalnya malam ini. Dan setelah itu mereka akan ditangani oleh pemerintah daerah dan keluarga," ujar Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal di Jakarta.

Iqbal menambahkan, dengan dibebaskannya Saparuddin dan Sawal maka total masih terdapat 5 WNI yang masih menjadi sandera. Kelimanya diketahui berada di Pulau Sulu, Filipina Selatan. Iqbal menegaskan bahwa pemerintah terus mengupayakan pembebasan sisa sandera tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI