Dukung Pembatik Indonesia, Pigeon Luncurkan Botol Motif Batik

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Di saat pandemi Covid-19 membuat aktivitas dan mobilitas masyarakat menjadi sangat terbatas. Pigeon yang merupakan brand produk perlengkapan bayi yang sudah mendunia tetap terus berkarya dan memberikan kontribusi nyata berkelanjutan dalam melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia dengan meluncurkan botol motif batik.

Pigeon sangat mendukung pemberian ASI untuk bayi, dan sangat memahami pentingnya pemberian ASI untuk bayi karena kandungan yang terdapat dalam ASI, kaya akan nutrisi. “Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan sejak bayi dilahirkan merupakan program pemerintah yang didukung juga oleh Pigeon, karena kami memahami ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi dengan nutrisi sempurna untuk pertumbuhan bayi serta melindungi bayi dari bakteri dan penyakit,” ujar Anis Dwinastiti, General Manager Marketing Division, Pigeon, Jumat (01/10/2021).

Namun pada kondisi tertentu Ibu tidak dapat memberikan ASI secara langsung kepada bayinya seperti pada saat Ibu sedang bekerja diluar rumah atau kondisi bayi berkebutuhan khusus seperti bayi lahir prematur berat badan rendah dan bayi dengan kondisi celah bibir dan lelangit. Hal tersebut yang menjadi latar belakang Pigeon mengembangkan alat bantu produk botol dan dot sesuai dengan penelitian “Prilaku Bayi menyusu ASI secara Alami” agar Ibu tetap dapat memberikan ASI pada kepada bayinya pada berbagai kondisi.

“Semua produk botol Pigeon berbahan BPA Free dan tinta Food Contact Grade begitu juga dengan botol motif Batik, sehingga sesuai digunakan sebagai wadah makanan bayi,” papar Anis Dwinastiti.

Adapun perihal kontribusi nyata Pigeon dalam melestarikan kebudayaan dan warisan nenek moyang yaitu batik telah di buktikan dengan memperkenalkan inovasi produk botol motif batik sejak tahun 2014 lalu. Tak hanya produk botol motif batik saja, pada tahun 2016, Pigeon juga mempersembahkan kain batik cap serta kain batik tulis sejak tahun 2017 hingga 2020 yang melengkapi koleksi produk botol bermotif batiknya.

Pada tahun 2021 ini merupakan tahun ke-8, Pigeon kembali memperlihatkan komitmen dan kontribusi dalam melestarikan batik dengan mengembangkan botol motif batik yang berkolaborasi dengan penggiat batik berbakat Iwet Ramadhan. Kolaborasi berkelanjutan ini dikarenakan adanya kesamaan prinsip untuk mengembangkan produk berkualitas dan melestarikan batik sebagai warisan lokal budaya bangsa.

Meskipun masih dalam kondisi pandemi, Pigeon dan Iwet Ramadhan tidak terkendala untuk terus berkarya dengan memperkenalkan botol motif batik pada tipe botol Slim Neck dan tahun ini juga pada tipe botol Wide Neck motif batik yang memiliki unsur-unsur filosofis didalamnya, seperti motif Koi sebagai simbol kekuatan dan kegigihan, motif Wijaya Kusuma sebagai simbol kemuliaan, dan motif Kawung sebagai simbol kenetralan.

Di tahun ini juga, Pigeon mengembangkan produk batik tulis motif teratai (Padma) yang dijahit menjadi serbet, pouch alat makan dan pouch mini. Produk batik bermotif teratai adalah hasil karya seorang Ibu Rusunawa Pulogebang binaan designer Iwet Ramadhan sebagai wujud dukungan program pemberdayaan pembatik perempuan agar terus dapat berkarya dan mewariskan budaya batik kepada generasi muda Indonesia.

Iwet Ramadhan dan Pigeon rencana akan terus menciptakan motif-motif batik yang indah dengan filosofi di dalamnya untuk diperkenalkan oleh orang tua kepada generasi penerus bangsa. Setiap motif batik pada botol Pigeon dikembangkan tak semata demi hal keindahan saja, tetapi juga memiliki filosofi bagaikan doa terbaik orang tua untuk pertumbuhan buah hatinya.

Kontribusi nyata kepedulian Pigeon pun tak berhenti sampai disini. Sebagai bentuk kepedulian terhadap anak-anak yang kurang beruntung, Pigeon akan mendonasikan sebagian penjualan Botol Motif Batik 2021 dan seluruh penjualan produk batik tulis Teratai kepada Yayasan Pembina Penderita Celah Bibir dan Langit-Langit (YPPCBL). (Imd)

BERITA REKOMENDASI