E-KTP Rusak Karena Banjir Bisa Diganti

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menjamin dokumen kependudukan warga, seperti e-KTP, akta kelahiran, dan kartu keluarga, yang rusak atau hilang karena banjir di Jabodetabek akan segera diganti.

Tito bilang sudah memerintahkan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) untuk memprioritaskan layanan penggantian dokumen kependudukan bagi korban banjir. "Saya sudah sampaikan kepada Dirjen Dukcapil," kata Tito.

Tito menjelaskan, Ditjen Dukcapil sudah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh Dinas Dukcapil di provinsi dan kabupaten/kota untuk memberi pelayanan ini.

"Ini sifatnya vertikal, untuk segera memberikan pelayanan yang mudah dan cepat bagi warga yang kehilangan atau rusak dokumen catatan sipilnya," ucap mantan Kepala Polri ini.

Terpisah, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh husus untuk korban bencana, pengurusan dokumen bisa dilakukan secara kolektif. Sehingga warga tak perlu satu per satu mengurus dokumen yang terdampak banjir.

"Nanti bisa jemput bola melalui RT/RW masing-masing atau RT/RW dikumpulkan di kelurahan masing-masing. Nanti setelah jadi, RT/RW tinggal mengambilkan (dokumen kependudukan di Dukcapil)," ucap Zudan. (*)

BERITA REKOMENDASI