E-KTP Tercecer Tak Akan Ganggu Pemilu

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan permasalahan e-KTP yang tercecer di sejumlah daerah tak akan mengganggu jalannya Pemilu 2019. Sebab, apabila ada warga yang e-KTP-nya tercecer, bisa menggunakan identitas lain.

"Jadi KTP tidak akan menghalangi orang menggunakan hak pilihnya. KPU kan sudah memutuskan kalau pun tidak punya e-KTP, identitas lain bisa dipakai," ujar JK.

Baginya, hal yang perlu dikhawatirkan adalah apabila ada warga yang memiliki hak pilih namun tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau tidak dapat memilih di Pemilu 2019. Dia meyakini polemik e-KTP tercecer ini juga tidak akan memicu kerusuhan.

"Saya kira tidak [berpotensi rusuh]. Potensi rusuh itu kalau orang tidak punya hak pilih. Sedangkan oleh KPU sudah diputuskan bahwa kalaupun tidak punya e-KTP, identitas lain bisa dipakai," tuturnya.

Untuk memastikan identitas warga yang memiliki hak pilih, kata JK, dapat dilakukan dengan surat undangan maupun pemeriksaan cap jari di hari pemilihan. "Tentu tidak mungkin semua diperiksa satu-satu, tapi kan ada surat undangan [untuk memilih] sehingga yang memilih yang betul-betul punya hak," katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI