Ekonomi Hambat Masyarakat Lakukan Test Covid-19

JAKARTA, KRJOGJA.com – Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku, Turro Wongkaren dalam ‘Masyarakat Bijak Sadar 3T’ di Youtube BNPB, Selasa (24/11) menjelaskan testing diperlukan untuk mengetahui penyebaran Covid-19 agar masyarakat tidak takut untuk melaksanakan testing Covid-19 di Puskesmas.

Menurut pemaparan Turro faktor ekonomi masyarakat jadi tantangan utama pelaksanaan testing dan penelusuran kontak infeksi virus corona di daerah. Lalu, ada ketakutan di beberapa kalangan masyarakat jika dirinya diketahui konfirmasi positif. Terutama di kalangan pekerja. Sebab, jika terinfeksi Covid-19 maka orang tersebut harus menjalani isolasi mandiri dan tidak bisa bekerja.

“Tantangan yang paling pertama adalah ekonomi, khususnya di kalangan bawah, karena mereka takut ketahuan positif, kalau sampai positif kemudian mereka tidak bisa kerja, karena harus menunggu masa isolasi mandiri 14 hari,” terang Turro .

Untuk beberapa kalangan mungkin harus isolasi 2 minggu ya nggak apa, tapi untuk kalangan seperti office boy, atau penjual bakso segala macam itu [bekerja] penting sekali untuk kehidupan mereka,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI