Empat Industri Ini Mampu Bertahan di Tengah Pandemi, Berikut Rinciannya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Tim Asisten Menko Perekonomian, Raden Pardede mengatakan, industri andalan dan yang bisa bertahan pasca pandemi Covid -19 atau masa new normal adalah industri pertanian, pertambangan, manufaktur, ,kesehatan, dan online. Sedangkan sektor yang paling lambat pemulihannya adalah sektor pariwisata dan sektor penerbangan.

“Industri yang akan bertahan dan mampu beradaptasi dengan situasi yang terkait dengan Covid -19 hingga new normal adalah industri pertanian, manufaktur, ,kesehatan, dan online,” kata Tim Asisten Menko Perekonomian Raden Pardede dalam acara Ngopi Teko – Ngobrol Pinter Tentang Ekonomi yang bertajuk ”Perspektif Pemulihan Ekonomi dan Kenormalan Baru” secara virtual di Jakarta, Selasa (9/6).

Dikatakan, untuk sektor pertanian dan pertambangan, menurut Raden, tidak terganggu sama sekali, karena mereka masih bisa bekerja seperti biasa. Misalnya untuk perkebunan sawit atau pertambangan dan umumnya berada di pedesaan yang memiliki jarak antara satu dengan yang lain cukup jauh. Namun yang menjadi masalah adalah permintaan akan komoditas tersebut yang mengalami penurunan.

Begitu juga dengan sektor manufaktur, untuk industri yang berada di dalam kawasan tertentu akan lebih mudah untuk bekerja. Namun yang menjadi kendala adalah kapasitas produksi dari imdustri tersebut, sekarang ini kapasitasnya hanya 20-50 persen, biasanya sebelum covid -19 kapasitans produksi menvapai 70-80 persen. “Meski kapasitas produksi berkurang, namun masih baik, masih bisa bekerja dan mengatur ship kerja, karena berada di kawasan industri,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI