Empat Industri Ini Mampu Bertahan di Tengah Pandemi, Berikut Rinciannya

Untuk industri kesehatan menurut Raden, seharusnya Indonesia mulai mengembangkan sektor ini lebih serius, terutama untuk industri farmasi agar tidak tergantung dengan negara lain. Misalnya selama ini orang Indonesia yang memiliki keuangan kalau ada keluhan sakit langsung berobat , namun dengan adanya covid -19 ini orang tidak bisa berobat ke luar negeri.

Dikatakan, selama ini devisa orang Indonesia yang berobat ke luar negeri mencapai Rp 75- 100 triliun. Kalau dana tersebut tetap berada di dalam negeri apalagi Kementerian Perindustrian dan Kementerian Kesehatan membuat kebijakan untuk industri kesehatan, maka multi player efek yang akan ditimbulkan sangat banyak Apalagi diperkirakan 5 tahun ke depan, orang yang berbelanja untuk obat obatan atau alat kesehatan diperkirakan akan meningkat sekitar 1 triliun dolar AS. “Ini harus dilakukan dari sekarang, jangan 2-3 tahun lagi, telat kita,”tegasnya.

Sedangkan untuk industri online, ini sangat dibutuhkan, dan pemerintah harus terus mendukung dan mengembangkan sektor ini. Terbukti saat pandemi, sampai saat ini semua orang bisa ber belanja kebutuhan bisa lewat online, bahkan bekerja dari rumah juga bisa online. Sementara sektor yang paling lambat pemulihannya adalah sektor penerbangan dan pariwisata , sehingga membutuhkan waktu 1-2 tahun untuk pemulihannya. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI