Empat Negara Sepakat Bantu Filipina

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Resureksi Maute di Marawi, bagaimanapun juga, memunculkan kekhawatiran terdampak ke Indonesia. Menkopolhukam, Wiranto mengatakan, akan digelar rapat koordinasi penuh di Manado. Para pangdam, panglima, kapolda, gubernur, pejabat pemda, dikatakannya akan berkumpul di sana, Rabu 14 Juni 2017.

Wiranto mengatakan, tujuan rakor adalah mengantisipasi teroris dari Filipina merengsek masuk Indonesia setelah digempur terus menerus di Marawi. "Untuk daerah perbatasan yang mengarah ke Filipina Selatan, kami akan perkuat dengan segala cara. Kita kerahkan agar kemungkinan mereka (teroris dari Filipina) yang lolos ke Indonesia kecil," ujarnya.

Tidak hanya koordinasi secara domestik. Koordinasi mulilateral juga dikatakannya akan berlangsung. Ada 4 negara yang sepakat membantu Filipina untuk menghabisi basis-basis teroris. Keempat negara itu, yakni Selandia Baru, Australia, Indonesia, Brunei Darusalam, dan Malaysia.

Bersama-sama Filipina, kata Wiranto, keempat negara itu akan melaksanakan rakor pada awal Juli 2017. Dalam rakor tersebut, Indonesia bertindak sebagai tuan rumah dan Australia wakil tuan rumah. (*)

BERITA REKOMENDASI