Empat Tayangan Ramadhan Dinilai Melanggar

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menemukan beberapa program yang melanggar aturan saat mengevaluasi tayangan Ramadan. Empat program yang disebut melanggar termasuk Sahurnya OVJ yang ditayangkan di Trans 7, Pesbukers Ramadhan dan Sahurnya Pesbukers dari ANTV, serta Keluarga Gunarso di Indosiar.

Alih-alih mengandung semangat Ramadan, acara-acara itu dianggap KPI justru sarat akan makian dan celaan. KPI pun menilai adanya potensi pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS), terutama yang menyangkut Pasal 9 SPS. Pasal itu berbicara mengenai penghormatan terhadap norma kesopanan dan kesusilaan.

Selain itu, KPI juga melihat adanya potensi pelanggaran terhadap Pasal 15 tentang perlindungan anak dan remaja. Pasal 17 mengenai perlindungan kepada orang dan masyarakat tertentu juga tidak diindahkan keempat program yang isinya kebanyakan candaan itu.

“Selain tiga pasal tadi, KPI juga melihat adanya pelanggaran atas penggolongan program siaran dengan klasifikasi remaja,” kata Komisioner KPI Pusat bidang Pengawasan Isi Siaran, Dewi Setyarini dalam keterangan tertulisnya.

Ia menilai program-program itu tidak pantas untuk remaja. Program juga tidak cocok dikaitkan dengan Ramadan karena lawakannya sering disengaja untuk merendahkan orang lain. (*)

BERITA REKOMENDASI