Empat Terduga Teroris Bakal Serang Pospol Bunder

JAKARTA (KRjogja.com) – Detesemen khusus (Densus) 88 Mabes Polri telah menangkap empat terduga teroris, dua di antaranya dalam keadaan hidup dan dua orang meninggal di waduk Juanda Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, pada Minggu 25 Desember. Rencananya, keempat pengantin tersebut akan melakukan penyerangan di Pos Polisi Bunder, Purwakarta.

"Mereka sudah melakukan survei ke beberapa tempat dan kesimpulannya mengambil lokasi pos polisi Bunder," ujar Karopenmas Devisi Humas Brigjen Rikwanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (26/12/2016).

Rikwanto menjelaskan, alasan pengeboman di kawasan pos polisi Bunder lantaran minimnya pengawasan dan penjagaan. Sehingga, lanjut dia, kawasan tersebut menjadi incaran utama setelah sebelumnya para terduga teroris ini mempertimbangkan akan melakukan "amaliyah" di Mapolsek maupun Mapolres.

"Dengan pertimbangan pos polisi (Bunder) tersebut penjagaan sedikit, sedangkan Polsek dan Polres itu besar," ujar Rikwanto.

Rikwanto menambahkan, empat terduga teroris ini akan melakukan penyerangan di malam tahun baru 1 Januari 2017. Namun rencana tersebut berhasil digagalkan setelah Densus 88 Antiteror melakukan penangkapan kepada kelompok yang berafiliasi Bahrum Naim.

"Kemarin 25, Densus 11.30 WIB telah dilakukan penangkapan terhadap empat orang terduga pelaku terorisme. Dari penangkapan tersebut dua orang berhasil ditangkap, sedangkan dua orang lagi yang akan ditangkap melakukan perlawanan sehingga terpaksa dilakukan tindakan tegas dan meninggal dunia," simpulnya. (*)

BERITA REKOMENDASI