Empat WNI Sandera Abu Sayyaf Pulang ke Rumah

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Empat warga negara Indonesia yang bebas dari penyanderaan kelompok bersenjata Filipina, Abu Sayyaf telah dipulangkan ke keluarganya masing-masing, Selasa (27/09/2016). Mereka diserahterimakan oleh Kementerian Luar Negeri RI dengan disaksikan perwakilan Pemerintah Kabupaten Flores Timur.

‎"Keempat WNI tersebut adalah Lorence Koten, Theodorus Kopong, dan Emanuel asal Flores Timur NTT, serta Herman Manggak asal Bulukumba Sulawesi Selatan," kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhamad Iqbal.

Iqbal menuturkan, empat WNI itu‎ merupakan nelayan yang bekerja di kapal ikan Malaysia dan diculik dari perairan Malaysia. Lorence, Theodorus dan Emanuel diculik di perairan Lahad Datu pada 9 Juli 2016. Sedangkan Herman Manggak diculik dari perairan Sandakan pada 3 Agustus 2016‎.

Dengan pembebasan 4 WNI tersebut, kini tersisa 5 WNI lainnya yang masih berada di tangan dua kelompok penyandera di Filipina Selatan. Pemerintah pun terus melakukan berbagai upaya untuk membebaskan 5 WNI tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI