Eric Tohir Bakal Lebur Anak Usaha BUMN Sektor Pendidikan

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan akan melakukan konsolidasi anak usaha perusahaan pelat merah di sektor pendidikan, khususnya universitas. Saat ini, pemerintah masih melakukan pendataan terkait sektor anak usaha BUMN.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengatakan pihaknya belum memiliki skema yang matang dalam melakukan konsolidasi anak usaha perusahaan pelat merah. Namun, terbuka peluang agar universitas yang dimiliki BUMN bekerja sama dengan universitas negeri.

"Begini Pak Erick Thohir (Menteri BUMN) minta supaya BUMN berikan corporate social responsibility (CSR) ke pendidikan 30 persen, tapi bukan berarti membuka pendidikan formal. Nanti kualitasnya tidak sesuai standard," ucap Arya.

Oleh karena itu, ia bilang BUMN bisa saja bekerja sama dengan universitas negeri dengan predikat cukup baik dalam mengelola bisnis pendidikan. Nantinya, operasional dari universitas tetap akan didukung oleh BUMN.

"Misalnya kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Pertamina kerja sama dengan ITB, PLN dengan ITB. Ini supaya semua masuk ke inti bisnis perusahaan," terang Arya.

Namun, skema kerja sama itu belum final. Kementerian BUMN masih mengkaji skema yang tepat agar tak merugikan perusahaan. (*)

BERITA REKOMENDASI