Fadli Zon dan Rizal Ramli Diingatkan Jadi Tokoh Bijak

JAKARTA, KRJOGJA.com – Mantan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon seolah bersahut-sahutan dengan ekonom dan mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli dalam cuitannya di akun Twitter. Mereka mempermasalahkan kedatangan 49 orang Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok melalui Bandara Haluoleo Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu (15/3/2020).

Dalam cuitannya, Rizal mengecam para pejabat yang merangkap jadi pengusaha yang tidak memperhatikan kepentingan nasional. Fadli Zon kemudian merespons cuitan Rizal dengan menuduh mereka yang memberi izin masuk TKA sebagai pengkhianat bangsa.

Menanggapi cuitan kedua tokoh tersebut, Suhendra Hadikuntono, tokoh nasional dan pengamat intelijen senior, memberikan apresiasi terhadap kepedulian Fadli Zon dan Rizal Ramli. Namun, menurut Suhendra, selayaknya dalam kondisi bangsa yang sedang menghadapi darurat penyebaran virus Corona atau Covid-19 ini kedua tokoh itu bisa menahan diri untuk tidak memperkeruh situasi.

“Meskipun secara obyektif pandangan Rizal Ramli dan Fadli Zon tersebut benar, tapi seharusnya mereka bijak dalam mengeluarkan pendapat. Setiap orang memang bebas berpendapat, namun dalam situasi darurat begini mereka seharusnya melakukan evaluasi diri apakah pendapatnya yang dikutip media tersebut produktif atau tidak bagi kemaslahatan bangsa,” ujar Suhendra yang dihubungi media, Kamis (19/3/2020).

Suhendra mengimbau semua pihak, terutama para tokoh bangsa untuk bahu-membahu membantu pemerintah pusat maupun daerah dalam menciptakan situasi kondusif bagi proses penanganan Covid-19 yang sampai hari ini sudah memakan korban 25 jiwa.

BERITA TERKAIT