Fakta Unik Saat Hari Raya Nyepi, Mulai dari Berdiam Diri di Rumah Sampai Hemat BBM

HARI Raya Nyepi menjadi salah satu hari besar yang dinanti-nantikan masyarakat Hindu Bali di Indonesia. Berbeda dengan upacara lain yang semarak, Hari Raya Nyepi justru memberikan sensasi unik bagi Pulau Dewata.

Saat Nyepi dilakukan, Bali yang biasanya meriah jadi mendadak diam, tenang, dan tak bergeming dalam sehari penuh. Padahal di hari-hari sebelumnya, Bali punya suasana yang jauh lebih meriah dengan beragam tradisi dan upacara adat, seperti Melasti dan Ngerupuk.

Mulai dari tak ada warga yang beraktivitas, padamnya layanan seluler, hingga satu-satunya di dunia, berikut fakta unik yang hanya bisa kamu temukan saat perayaan Hari Raya Nyepi di Bali. Apa saja?

1. Hanya Dilaksanakan di Indonesia

Hari Raya Nyepi merupakan salah hari besar keagamaan Hindu Bali yang berasal dari India. Dirayakan setahun sekali, Nyepi ternyata hanya dilakukan di Indonesia saja untuk merayakan Tahun Baru Saka.

Melalui Nyepi, masyarakat Hindu Bali memaknai pergantian tarikh Saka sebagai bagian dari introspeksi diri. Sekaligus, merayakan persatuan, kebangkitan, dan juga pembaharuan.

BERITA REKOMENDASI