Festival Danau Sentarum Bidik Wisman Malaysia

KAPUAS HULU, KRJOGJA.com – Festival Danau Sentarum (FDS) 2018 kembali digelar 25-28 Oktober 2018. Tahun ini, FDS  mengangkat tema "Memacu Ekowisata Lintas Batas di Jantung Borneo". Wisatawan Malaysia dan Brunei dibidik event ini.

FDS 2018 akan dipusatkan di Kawasan Taman Nasional Danau Sentarum. Tetapi kegiatan akan dilaksanakan di empat tempat berbeda. Di antaranya Putussibau sebagai kota kabupaten Kapuas Hulu, Lanjak sebagai kecamatan yang berada dalam Kawasan Danau Sentarum, Badau sebagai kota perbatasan dengan Malaysia, dan Sriaman untuk start bersepeda.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu Antonius mengungkapkan, persiapan FDS sudah mencapai 90 persen.

FDS 2018 dirangkai dalam berbagai kegiatan. Di antaranya Danau Sentarum Cruise, Parade Perahu Tradisional, Sentarum Ethnic Music Festival, Kontes Arwana Super Red, Karnaval Budaya dan Festival Minum Madu serta pagelaran Seni Budaya dan hiburan masyarakat.

"Kalau tak ada rintangan atau halangan, penyanyi ibukota Ghea Youbi akan menghibur acara puncak festival danau Sentarum. Penampilannya tanggal 28 Oktober," ujar Antonius.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, tahun ini FDS memasuki tahun penyelenggaraan keempat. Event ini pertama digagas tahun 2012. Hal ini menunjukkan eksistensi event ini sudah mulai terlihat. 

“FDS merupakan event unggulan 100 Wonderful Events Indonesia. Sudah melalui proses kurasi yang ketat. Selain karena cultural value yang dipilih budayawan, dari media dan commercial value-nya juga tidak diragukan, wismannya juga banyak,” ujar Menpar Arief Yahya, Jumat.(*)

BERITA REKOMENDASI