Festival Nusantara Tampilkan 25 Jenis Buah se-Indonesia

JAKARTA, KRJOGJA.com – Bagi Anda penyuka buah nusantara? Jangan lewatkan akhir pekan ini akan ada Festival Buah Nusantara. Sebanyak 25 jenis buah se-Indonesia akan hadir di Atrium Cambridge City Square, Kota Medan Sumatera Utara pada 13-14 Oktober 2018.

Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementeriaan Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani menjelaskan, Pemilihan Kota Medan sebagai tempat pelaksanaan Festival Buah Nusantara sudah tepat, karena daerah ini memiliki potensi buah lokal yang berkualitas dengan jenis yang beragam seperti: durian Medan, Duku Medan, jeruk Medan dan lainnya dengan rasa yang khasnya dan cukup terkenal di Indonesia.

“Festival Buah Nusantara menjadi moment yang cukup bagus untuk memperkenalkan buah lokal Medan kepada para wisatawan mancanegara dan nusantara. Diharapkan buah lokal menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri dan Indonesia pada umumnya, dan mengurangi ketergantungan terhadap buah impor," kata  Ni Wayan Giri Adnyani  didampingi Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional I Iyung Masruroh di Jakarta, Jum’at (12/10).

Festival buah yang digelar oleh Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Organisasi Sosial Leo Clubs, akan menanpilkan 10 – 25 jenis buah khas indonesia pada festival ini. Dalam festival pengunjung dapat mengeksplorasi hidangan yang disuguhkan secara gratis di berbagai booth.

“Dalam pergelaran festival buah ini, pengunjung akan mendapatkan pengalaman baru bernuansa Pesta Buah. Beragam buah khas Indonesia khususnya kota Medan. Selain menikmati beragam buah nusantara, festival buah ini juga nantinya akan memberikan berbagai peluang bisnis bagi para penjual dan pengunjung,” ujar Iyung Masruroh.

Tidak hanya festival buah semata, lanjut Iyung, dirinya berharap, event ini bisa memperkenalkan kepada masyarakat tentang kekayaan buah-buahan Indonesia. Sekaligus menggali potensi untuk dikembangakan menjadi produk bisnis baik ditingkat nasional maupun internasional.  

“Potensi ini merupakan peluang yang sangat besar bagi masyarakat Indonesia untuk mengembangkan makanan dan minuman khas Indonesia ke mancanegara, yang pada akhirnya semuanya bermuara pada peningkatan pendapatan masyarakat, ujar Iyung diamini Kepala Bidang Pemasaran Area I di Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Alfin Merancia.

Tentu tidak dipungkiri, jelas Alfin, Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta dan minat masyarakat mengkonsumsi hasil pertanian daerah serta mendorong pemerintah daerah beserta stakeholder terkait untuk meningkatkan produk lokal sebagai daya tarik dalam rangka membangun destinasi pariwisata yang berdaya saing serta sekaligus. (*)

BERITA REKOMENDASI