FIKSI 2020 Lahirkan Wirausaha Muda Indonesia

Editor: KRjogja/Gus

BANDUNG, KRJOGJA.com – Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2020 yang digelar oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), menjadi ajang pembuktian bahwa telah lahir para calon wirausaha muda Indonesia. Hal ini dibuktikan oleh para peserta yang telah menghasilkan rencana bisnis dan rintisan usaha-usaha baru yang luar biasa.

“Saya sungguh berbahagia dapat menyapa para calon wirausaha muda Indonesia. Kalian telah membuktikan diri meski dalam situasi pandemi bahwa dengan banyak tanya, banyak coba, banyak karya kita dapat menghasilkan banyak hal-hal yang positif,” kata Mendikbud , Nadiem Anwar Makarim saat menutup FIKSI 2020 melalui video virtual di Bandung, pada Jumat (23/10) malam

Melalui festival ini, kata Mendikbud, pandemi Covid-19 telah mendorong peserta didik untuk lebih bergotong royong, lebih berpikir kritas dan kreatif. Karakter itulah yang harus dimiliki oleh wirausahawan masa depan karena situasi yang sulit dan tidak menentu ini justru menjadi peluang menciptakan beragam solusi.

Anggota Komisi X DPR RI, Muhammad Kadafi mengapresiasi para peserta FIKSI 2020 yang telah mampu menangkap sektor-sektor usaha yang akan berkembang di Indonesia. Kepada calon wirausahawan muda, dia memberi pesan bahwa untuk menjadi pengusaha selain cerdas secara hardskill, tapi harus cerdas juga secara softkill.

BERITA REKOMENDASI