FKN XI Rekatkan Persaudaraan Kraton se-Nusanatara

Editor: KRjogja/Gus

CIREBON (KRjogja.com) – Festival Keraton Nusantara (FKN) XI berlangsung di Cirebon pada 15-19 September 2017. Perhelatan ini membawa pesan perbedaan dalam kebersamaan, namun dalam kebersamaan tersebut tetap menghargai perbedaan yang ada.

"FKN bukan cuma sarana menjalin persaudaraan di antara pewaris istana, kerajaan maupun lembaga masyarakat hukum adat di nusantara. Tapi lebih dari itu, kegiatan ini merupakan bentuk nyata dalam melestaraikan budaya leluhur yang sudah diciptakan bagi entitas budaya secara turun temurun," tutur Sekjen Forum Komunikasi dan Informasi Keraton Nusantara (FKIN), GKR Koes Murtiyah Wandansari saat Gala Dinner Sultan, Raja, Permaisuri, Ratu, Pangeran dan Pemangku Hukum Adat se-nusantara di Taman Goa Sunyaragi Cirebon, Jumat (15/9) malam.

Menurut wanita kerabat Kasunanan Surakarta yang akrab disapa Gusti Moeng tersebut, FKN menjadi komitmen untuk melanggengkan tradisi leluhur yang menjadi cikal bakal dan sokoguru terbentuknya NKRI. Sehingga diharapkan mampu menghadirkan pengalaman persatuan dan kesatuan yang dilakukan leluhur kraton dan kerajaan di nusantara hingga berdirinya NKRI.

"Pergelaran khasanah budaya yang terus dilestarikan ini menjadi pengalaman baru dalam keberagaman. Namun tetap merajut kebersamaan. Mampu menjadi pola budaya masyarakat dengan menghidupi tatanan norma yang tinggi warisan pendahulu," ucapnya.

FKN sendiri yang awalnya merupakan kegiatan rutin dua tahunan akan dirubah menjadi acara tahunan. Diharapkan dengan anggota 43 kraton, kerajaan dan lembaga masyarakat hukum adat, seluruhnya dapat menjadi penyelenggara dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama.

Sementara itu Sultan Kasultanan Kasepuhan Cirebon, Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat menegaskan, dengan mengetahui asal usul dan budaya bangsa sendiri, dapat memupuk masyarakat makin mencintai negerinya. Sebab ketika lupa sejarah, jati diri bangsa juga ikut  tergerus. "Jika sudah tahu sejarah, rawatlah sejarah itu.Hargai sejarah bangsa sendiri untuk menjadi bangsa yang besar," tegasnya. (Feb)

 

BERITA REKOMENDASI