Food Security Summit Bangun Kedaulatan Pangan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sektor pertanian merupakan sektor yang sangat penting dan strategis bagi Indonesia dan masih perlu upaya-upaya meningkatkan kualitasnya. Demikian Menko PMK Puan Maharani dalam sambutan pada pidato Food Security Summit- JFSS-4  di Jakarta, Jumat (09/03/2018)

Puan  berharap kemajuan di sektor pertanian akan mempercepat perwujudan Indonesia yang berdaulat di bidang pangan. "Dengan petani yang semakin sejahtera, akan mempercepat upaya kita bersama dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat di bidang pangan", ujar Menko PMK Puan Maharani.

Dalam kesempatan ini, Menko PMK juga memberikan apresiasi pada penyelenggaraan JFSS-4 dan berharap hasilnya dapat mendorong percepatan perwujudan kedaulatan pangan Indonesia. 

"Semoga hasil dari Jakarta Food Security Summit ini dapat berkontribusi dalam membangun kedaulatan pangan Indonesia," tambah Menko Puan.

Puan menjelaskan sektor pertanian memberikan kontribusi 13 persen PDB (nomor 3 terbesar dari 9 sektor lainnya), dan nilainya mencapai lebih dari Rp 1.800 triliun per tahun. Tenaga kerja yang berasal dari sektor pertanian juga mencapai 39 juta orang (atau 32% dari jumlah penduduk Indonesia yang bekerja). Pertumbuhan ekonomi sektor pertanian rata-rata mencapai 3,4%.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menantang para kepala desa untuk menggunakan dana desa secara tepat guna. Bahkan, meminta penguatan peran kepala daerah maupun kepala desa dalam pengelolaan dana desa.

"Harus ada keselarasan antara bupati dan kepala desa dalam mengarahkan penggunaan dana desa agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu, kerja sama yang solid antara pemerintah kabupaten dan pemerintah desa dalam mempercepat pencairan dana desa,” ujar Eko.

Untuk meningkatkan SDM petani, saat ini pemerintah telah melakukan revitalisasi vokasional yang menjangkau 558 perusahaan dan 1.537 SMK. Khusus revitalisasi vokasional di bidang pertanian terdapat kerjasama 150 perusahaan dan 694 SMK. Upaya lain yang bisa dilakukan untuk menguatkan SDM petani adalah membangun kolaborasi dan sharing kemitraan. (Ati)

BERITA REKOMENDASI