Gaji Pegawai KPK Tak Mangalami Perubahan

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang statusnya akan dialihkan menjadi aparatur sipil negara (ASN) tak akan mengalami perubahan gaji.

"Jadi semua clear, enggak ada masalah, termasuk KPK. Mengenai sistem penggajian juga tidak ada perubahan, tetapi lain-lainnya itu kewenangan KPK sendiri," kata Tjahjo.

Secara prinsip, Tjahjo mengatakan bahwa pengalihan status pegawai KPK tetap harus sesuai dengan Undang-undang ASN, meski soal gaji dan besaran pendapatan  bergantung pada lembaga masing-masing, termasuk KPK. 

"Enggak ada berubah. Tinggal nanti penempatan jabatan-jabatan, baik pegawai tetap maupun yang tidak tetap, yang atur, ya, internal masing-masing, KPK sendiri," kata dia. 

Dalam kesempatan itu, Tjahjo juga memastikan bahwa perubahan status pegawai KPK menjadi ASN tak menyimpang dari aturan manapun, baik Undang-undang ASN maupun Undang-undang KPK yang telah direvisi.

Hal ini juga kata Tjahjo berlaku untuk dewan pengawas KPK yang kini telah resmi dihadirkan di lembaga tersebut. (*)

KPK

BERITA REKOMENDASI