Gandeng STIA LAN, Perpusnas Genjot Kualitas SDM

JAKARTA, KRJOGJA.com – Perpustakaan Nasional RI menjalin Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Politeknik STIA LAN Jakarta mengenai pengembangan sumber daya perpustakaan. Penandatanganan PKS dilakukan Sekretaris Utama Perpusnas Woro Titi Haryanti  dengan Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta Nurliah Nurdin disaksikan Sekretaris Utama LAN Reni Suzana  di Pejompongan, Jakarta, pada Selasa (19/1).

Menurut Woro adapun hal-hal yang dilaksanakan dalam kerja sama ini meliputi pemanfaatan keanggotaan Perpusnas, pemanfaatan koleksi elektronik seperti iPusnas, jurnal elektronik e-Resources, dan laman Khastara, pertukaran data dan informasi/koleksi, pengembangan sumber daya manusia di setiap instansi, serta pengembangan dalam bidang layanan perpustakaan. Selain itu, STIA LAN diajak untuk bergabung dengan repositori perpustakaan seluruh Indonesia, Indonesia OneSearch (IOS).

“Mudah-mudahan sudah menjadi bagian dari pada anggota IOS dan itu sangat amat bermanfaat untuk perguruan tinggi. Itu politeknik juga termasuk di dalamnya, karena apa? Sudah sekitar 10 juta record yang terdaftar. Delapan juta kalau tidak salah itu unique record, berarti delapan juta tidak sama, yang dua juta sama record-nya. Bisa dalam bentuk metadata-nya, juga bisa dalam bentuk abstrak, tapi kadang juga dalam buku full text,” ujarnya.

 

BERITA REKOMENDASI