Gandeng STIA LAN, Perpusnas Genjot Kualitas SDM

Woro juga mengajak pegawai di STIA LAN untuk menjadi fungsional pustakawan. Apalagi saat ini, ujar Woro, para pegawai diarahkan menjadi pejabat fungsional. Perpusnas akan memfasilitasi pendidikan dan pelatihan pustakawan.

Terkait program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang diusung Perpusnas, STIA LAN diharapkan bisa mendukung hal tersebut melalui karya tulis. Program tersebut memberdayakan perpustakaan sebagai tempat belajar dan berketerampilan untuk masyarakat pedesaan demi meningkatkan kualitas sosial dan ekonomi.

“Nah ini juga tugas teman-teman di perguruan tinggi untuk menulis buku yang bisa dibaca oleh teman masyarakat di pedesaan. Jadi mungkin terapan yah, bahasanya populer, dan ini kita perlukan. Siapa lagi kalau bukan bapak dan ibu yang membantu kami untuk menciptakan tulisan-tulisan tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Utama LAN Reni Suzana mengungkapkan kolaborasi dengan Perpusnas dibutuhkan untuk mewujudkan tujuan bersama. Dia mendorong agar setelah penandatanganan, program kerja sama yang potensial bisa segera dilaksanakan.

“Selain menindaklanjuti kerja sama, banyak program di Perpusnas yang bisa kita copy paste, kopi adaptasi, dan sebagainya. Di sana ada iPusnas, kemudian juga reference ya, banyak sekali yang saya kenal ternyata program-program di Perpusnas ini sangat banyak yang kita bisa memanfaatkan, kerja samakan, kita kopi, kita adaptasi, dan sebagainya,” paparya.

Reni berharap agar kerja sama melahirkan kegiatan yang banyak memberikan manfaat bagi seluruh pihak, baik mahasiswa, dosen, maupun masyarakat sekitar. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI