Gara-Gara Virus Corona, 18.300 Penerbangan di 15 Bandara Dibatalkan

JAKARTA, KRJOGJA.com – PT Angkasa Pura I (Persero) menyataan pandemi virus corona sangat berpengaruh pada bisnis perseroan. Pasalnya, banyak maskapai yang melakukan pembatalan penerbangan imbas dari pandemik corona (covid-19) ini.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, ada sekitar 18.300 pembatalan penerbangan yang terjadi pada periode Januari hingga Maret 2020. Pembatalan terjadi di 15 bandara yang dioperasikan oleh Angkasa Pura I.

“Ada 18.300 penerbangan cancel periode Januari hingga Maret. Dampak ke AP I sangat signifikan,” ujarnya dalam telekonferensi, Sabtu (28/3/2020).

Menurut Faik Fahmi, dari jumlah pembatalan tersebut justru penerbangan domestik yang paling besar dampaknya dibandingkan internasional. Tercata ada sekitar 14.000 pembatalan penerbangan di 15 bandara yang dikelola API.

“Porsinya yang dominan adalah untuk domestik sekitar 14.000 domestik, sisanya internasional,” kata Faik Fahmi.

Pembatalan penerbangan ini menurut Faik, berpengaruh pada pendapatan dari perseroan. Diperkirakan, pendapatan perseroan berada 20% di bawah target.

“Cukup signifikan sekitar 20% di bawah target berpotensi akan lebih besar lagi kalau banyak penerbangan yang cancel,” kata Faik.

Oleh karena itu lanjut Faik Fahmi, saat ini perseroan tengah fokus untuk memutus rantai penyebaran virus corona, sehingga, wabah ini pun tidak berdampak lebih besar pada pendapatan perseroan.

“Kira-kira solusi terbaiknya seperti apa. All out mengurangi dampak penyebaran virus corona,” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI