Gedung Avian Flu jadi Pusat Pengembangan Vaksin Covid-19

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menuju kemandirian bangsa terutama dalam penanganan Covid-19, pemerintah terus berupaya menemukan dan mengembangkan vaksin virus tersebut yang akan diproduksi sendiri di dalam negeri melalui perusahaan farmasi milik negara yaitu Bio Farma.

Salah satu aset negara berupa Gedung Laboratorium Avian Flu yang berada di Komplek Bio Farma digadang akan menjadi tempat pengembangan vaksin Covid-19. Namun sebagaimana diketahui, gedung itu sebelumnya terbengkalai akibat proyek vaksin flu burung untuk manusia yang mangkrak karena adanya dugaan kasus korupsi.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menegaskan, saat ini secara hukum gedung avian flu tersebut sudah sah menjadi milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Pemerintah sepakat akan memberikan gedung itu kepada Bio Farma agar dapat dimanfaatkan lebih optimal untuk pengembangan vaksin Covid-19.

“Saya kira ini sudah klir secara hukum. Saya senang sekali kalau keberadaan gedung ini bisa menjadi modal yang signifikan untuk penemuan vaksin Covid-19. Tidak perlu lama-lama, dalam minggu ini mohon agar diselesaikan permasalahannya sehingga bisa segera dimanfaatkan,” ujarnya saat memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Pemanfaatan Gedung Laboratorium Avian Flu melalui telekonferensi, Senin (15/6).malam.

BERITA REKOMENDASI