Gelar Ritual Laut, Tujuannya untuk Kesaktian

JEMBER, KRJOGJA.com – Ritual laut yang dilakukan 24 orang dari Padepokan Tunggal Jati Nusantara di Pantai Payangan, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambul, Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada Minggu dini hari, 13 Februari 2022, disebut sebagi lelaku untuk memperoleh kesaktian. Namun, mereka menemui celaka setelah terseret ombak dan menyebabkan 11 orang di antaranya tewas.

“Kalau padepokan ritual untuk kesaktian mungkin, ya,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Gatot Repli Handoko kepada media, Minggu (13/2/2022).

Dia menjelaskan, mereka yang mengikuti ritual laut itu berjumlah 24 orang. Mereka melaksanakan ritual bersama-sama di pinggir pantai agak ke tengah pada Minggu dini hari, sekira pukul 01.00 WIB. “Kemudian ada ombak dan mereka terseret ke tengah,” ujar Gatot.

Sebelas orang ditemukan dalam kondisi tak bernyawa dan satu orang masih hilang dan masih dalam proses pencarian oleh aparat gabungan setempat. Sebanyak 12 orang lainnya ditemukan selamat. Dari 12 orang yang selamat, 3 orang di antaranya dalam kondisi kritis.(*)

BERITA REKOMENDASI