Gema Nusa Patriot Arts Tampilkan 1.500 Penari Ronggeng

BEKASI, KRJOGJA.com  – Kota Bekasi akan menggelar Gema Nusa Patriot Arts Festival pada 24-25 November 2018. Event yang terdiri dari Lomba Tari Kreasi Nusantara, Lomba Solo Vokal dan Lomba Melukis pada 24 November 2018 dihelat di Bekasi Cyber Park (BCP) Kota Bekasi. 

Selain  acara tersebut  bakal dihebohkan pertunjukkan Tari Ronggeng Menor masal yang melibatkan 1.500 penari tanggal 25 November 2018 pada acara CFD di area Sumarecon Kota Bekasi. Tari Ronggeng Menor massal ini seluruh penari memakai topeng kreasi ditarikan penari dari siswa TK, SD, SMP, SMA dan SMK, selain peserta didik juga melibatkan Sanggar-sanggar seni yang ada di Kota Bekasi. 

"Tari Ronggeng Menor besutan koreografer Dini Irma jebolan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung ini  memiliki cultural value yang tinggi, creative value dan memiliki commercial value yang tinggi. Budaya itu semakin dilestarikan semakin menyejahterakan,” ujar Menteri Pariswisata Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya mengatakan, Festival ini telah menjadi wadah untuk memperkenalkan budaya, kesenian dan potensi wisata Kota Bekasi. "Inilah yang menjadi daya dorong dalam membangun pariwisata terintegrasi berbasis pelestarian budaya," kata Menpar Arief Yahya.

Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, tujuan penyelengaraan festival adalah, untuk menumbuhkan dan mengukuhkan kembali identitas Kota Bekasi sebagai daerah yang kaya budaya.

"Menciptakan momentum ekonomi kreatif dan pariwisata Kota Bekasi. Dengan memunculkan identitas lokal guna mendukung visi Kepariwisataan Kota Bekasi. Selain itu, menciptakaan daya apresiasi masyarakat terhadap perkembangan Seni dan Budaya daerah," jelas Tri Adhianto.

Tri Adhianto menambahkan, event ini juga untuk menumbuhkembangakan sikap positif generasi muda. Mereka diarahkan untuk peduli budaya dalam upaya melestarikan seni budaya daerah. (*)

 

BERITA REKOMENDASI