Genose Dukung 3T Tekan Penyebaran Covid-19

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koordionator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto kembali menekannya pentingnya 3T (Trecing, Testing dan Treatment) dalam upaya menekan penyebaran Covid-19. Hadirnya Genose, alat pendeteksi Covid-19 dari UGM, akan sangat membantu pelaksanaan 3T tersebut.

Demikian dikemukakan Airlangga dalam Siaran Pers Virtual, Kamis (21/1). Menurutnya, kemampuan untuk menangani, sangat tergantung dari produksi Genose nantinya. “Kita tunggu kapasitas produksi dari Genose ini,” ujar Airlangga.

Menurut penemu Genose, Prof Dr Kuwat Triyana alat bekerja dengan mengambil sampel hembusan napas.
Kemudian mengidentifikasi virus corona dengan cara mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC). VOC terbentuk lantaran adanya infeksi Covid-19 yang keluar bersama napas.

Orang-orang yang akan diperiksa menggunakan GeNose, terlebih dahulu diminta mengembuskan napas ke tabung khusus. Sensor-sensor dalam tabung itu lalu bekerja mendeteksi VOC. Kemudian, data yang diperoleh akan diolah dengan bantuan kecerdasan buatan hingga memunculkan hasil. Dalam waktu kurang dari 2 menit, GeNose bisa mendeteksi apakah seseorang positif atau negatif Covid-19.

BERITA REKOMENDASI