Gerakkan Ekonomi Warga, Pemda Diharapkan Bantu Reformasi Total Koperasi

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Koperasi dan UKM memberikan penghargaan kepada para kepala daerah atas kinerjanya dalam pemberdayaan koperasi dan UKM di wilayahnya masing-masing. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada koperasi-koperasi yang dinilai berkinerja terbaik sepanjang 2017.

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan, dengan penghargaan ini diharapkan pemerintah daerah mulai dari provinsi hingga kabupaten dan kota serta koperasi di seluruh Indonesia bisa meningkatkan program-program yang sudah berjalan selama ini, termasuk program pemerintah yaitu Reformasi Total Koperasi.

"Dengan sinergi antara pusat dan daerah beserta seluruh stakeholder kita bisa mencapai target PDB Koperasi dari 1,7 persen pada 2014 menjadi 4 persen pada 2016. Begitu juga dengan rasio kewirausahaan kita yang sudah meningkat dari 1,65 persen menjadi 3,10 persen," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Puspayoga menyatakan, program pembiayaan seperti KUR, dana bergulir, kredit Ultra Mikro Indonesia, dan kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) bagi UKM berorientasi ekspor, akan terus ditingkatkan. Hal ini sejalan dengan penurunan suku bunga KUR dari 22 persen menjadi 9 persen dan kini sudah 7 persen.

"NPL KUR juga terus menurun setiap tahunnya. Itu artinya, bila NPL KUR turun maka kualitas UKM terus meningkat. Tanpa pemda, kami tidak bisa apa-apa. Karena Pemda merupakan ujung tombak dalam memberdayakan koperasi dan UKM," kata dia.

Sementara itu, salah satu penerima penghargaan, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengatakan, penghargaan ini akan memotivasi Pemda dan koperasi-koperasi di daerah untuk meningkatkan kinerjanya. Dengan demikian, keberadaan koperasi mampu kontribusi lebih besar terhadap perekonomian di daerah.

“Penghargaan ini merupakan wujud perhatian kepada usaha perkoperasian kita, khususnya di Tabanan. Karena memang kita komit untuk berubah ke arah yang lebih baik,” ungkap dia.

Ke depan, Eka berharap agar peran koperasi tidak hanya sekedar menyalurkan kredit usaha tetapi memiliki program unggulan yang mampu memajukan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“Ke depan, Koperasi diharapkan tidak hanya memberikan kredit tapi mampu berbuat banyak untuk kemajuan UMKM sehingga usaha tersebut mampu bersaing,” tandas dia.(*)

BERITA REKOMENDASI