Gerindra Tolak Perppu Kebiri

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Anggota Komisi VIII DPR Amrullah Amri Tausikal meminta kepada pemerintah menempuh langkah preventif mengenai Perppu No 1/2016 tentang Perlindungan Anak, atau Perppu Kebiri menjadi undang-undang. Perppu yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu dinilainya tidak membuat efek jera.

“Jadi menurut saya apapun produk hukum yang akan dibuat harus mengedepankan hak-hak dasar manusia dan bukan merendahkan martabatnya. Hukuman kebiri yang diatur oleh Perppu adalah tindakan yang merendahkan martabat manusia,” kata Amrullah, Rabu (24/08/2016).

Karena itu, dirinya meragukan hukuman kebiri membuat efek jera dan berkurangnya prilaku seksual bagi pelaku. Politisi Gerindra ini juga tidak menjamin pelaku akan bertobat dan tidak mengulangi perbuatan yang bejat itu.

Meski begitu, ia sepakat langkah yang dilakukan oleh pemerintah bahwa seksual dan pemerkosaan yang kian marak belakangan ini terhadap anak tidak boleh terjadi lagi. “Sepakat bahwa kekerasan seksual dan pemerkosaan terhadap anak tidak boleh terulanglagi, sehingga harus perlu diberikan efek jera kepada pelakunya,” tegasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI