Golkar Jajaki Koalisi Pilkada 2020

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediaman pribadi Prabowo, Senin (06/07/2020). Usai pertemuan, Prabowo menyatakan salah satu agenda yang dibicarakan adalah terkait penjajakan kerja sama antara Gerindra dan Golkar di Pilkada serentak tahun 2020.

“Sampai dengan kemungkinan-kemungkinan di depan kita bagaimana kerjasama Golkar dan Gerindra, khususnya mungkin di Pilkada-pilkada [wilayah] tertentu,” kata Prabowo.

Prabowo menyampaikan bahwa Gerindra setuju untuk berkoalisi dengan Partai Golkar di beberapa wilayah di Pilkada 2020. Meski demikian, ia enggan menyebut wilayah mana saja Gerindra dan Golkar akan berkoalisi.

“Di beberapa tempat kita cocok, di beberapa tempat kita setuju, berbeda, tidak ada masalah ini demokrasi Indonesia yang penuh kekeluargaan persaingan, perbedaan. Tapi di ujung kita semua komit pada persatuan bangsa,” kata Prabowo.

Senada dengan Prabowo, Airlangga mengakui banyak membahas seputar Pilkada tahun 2020 bersama Prabowo. Ia menyatakan banyak persamaan dan jua perbedaan dengan Prabowo di Pilkada tahun 2020.

Meski begitu, Ia menekankan bahwa perbedaan dalam Pilkada merupakan sesuatu yang normal dan wajar dalam sistem politik demokrasi yang dianut Indonesia saat ini. (*)

BERITA REKOMENDASI