Google Majukan Indonesia Rame-rame

JAKARTA, KRjogja.com –  Pada acara tahunan 'Google For Indonesia' ketiganya, Google mengumumkan berbagai produk dan kemitraan yang akan membantu warga Indonesia untuk 'maju rame-rame' dalam ekonomi digital yang berkembang sangat pesat ini. Selain itu, Google juga mengembangkan program pelatihan digital dan platform-platformnya untuk membantu developer aplikasi, usaha kecil, dan pengusaha perempuan di Indonesia terus maju.

Dalam Keynote Google for Indonesia 2018, di Ciputra Artpreneur, Kuningan Jakarta, Selasa (4/12/2018), Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf mengumumkan bahwa Google sudah melatih 110 ribu developer sejak 2016. “Di Indonesia lebih dari 50% populasinya memiliki akses internet, ekonomi digital yang berkembang pesat, dan bangkitnya startup Indonesia, negara ini sedang berancang-ancang untuk menjadi kekuatan digital yang besar. Di Google, kami bangga bisa menjadi bagian dari transformasi digital Indonesia. Kita maju rame-rame,” katanya.

Pada kesempatan itu, Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami, mengumumkan komitmen baru Google untuk melatih satu juta UKM lagi hingga 2020, setelah sebelumnya melatih satu juta UKM Indonesia sejak 2015. Inisiatif literasi digital Google, termasuk dana sebesar 875,000 dolar AS dari organisasi filantropinya, Google.org, bagi Maarif Institute, Peace Generation, RuangGuru Foundation, Love Frankie, dan Cameo Project untuk membina 12.000 siswa untuk menjadi agen toleransi, multikulturalisme dan nilai-nilai positif.

Tidak hanya itu, Google berfokus untuk menghadirkan produk-produk yang relevan dengan masyarakat Indonesia, misalnya Google Go, Jobs on Google Search, serta pembaruan aplikasi Google Bisnisku untuk semakin mendukung bisnis di Indonesia. Google juga menggunakan Artificial intelligence (AI) untuk menyediakan konten bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia. 

Menurut Director International Search Google, Ken Tokusei, lebih dari separuh konten online tersedia dalam bahasa Inggris, namun hanya 1% konten web tersedia dalam bahasa Indonesia. Karena itu Google berkolaborasi dengan Wikipedia untuk membuat konten berbahasa Inggris dapat diakses dan berguna bagi orang Indonesia. Selanjutnya, untuk membantu menghubungkan pencari kerja dan perusahaan di pasar lowongan kerja di Indonesia yang kompetitif, Tokusei mengumumkan layanan Jobs on Google Search.

"Mulai Selasa (4/12) ini, kata kunci 'lowongan pekerjaan' akan menampilkan lowongan pekerjaan dari seluruh web, dengan fitur untuk menggolongkannya ke dalam berbagai kriteria, termasuk jenis pekerjaan, industri, atau kota. Para pencari kerja juga bisa mendapatkan notifikasi tentang lowongan pekerjaan yang relevan," jelas Tokusei.

Engineering Lead untuk Asisten Google, Scott Huffman, mengumumkan fitur-fitur baru yang akan membuat Asisten semakin bermanfaat membantu aktivitas sehari-hari. Di antaranya fitur Book A Ride, News Briefing dan berbagai action

baru dari pihak ketiga.

"Berkat kemitraan Google dengan lima media terbesar di Indonesia, anda bisa mendapatkan berita lokal yang relevan langsung dari Asisten Anda. Cukup katakan 'dengar berita hari ini' untuk mendengar update

terbaru di mana saja. Warga sekarang juga bisa mendapatkan bantuan dalam semakin banyak aktivitas, cukup dengan suara mereka, mulai dari mencari ATM terdekat dengan BCA, main game Tebak Gambar, atau bahkan belajar cara membuat akun BPJS," urai Huffman.

Director Product Management Google Maps, Krish Vitaldevara, mengumumkan fitur-fitur Maps yang bertujuan membantu perjalanan sehari-hari lebih nyaman dan bebas stres. Ia juga mengumumkan peluncuran aplikasi Google Bisnisku yang baru di Indonesia. Aplikasi ini dirancang untuk membantu pemilik usaha lebih terhubung dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, Google bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk meningkatkan promosi destinasi kelas dunia yang ada di Indonesia kepada pengguna Internet. Salah satunya dengan Google Street View Special Collect untuk mengakses secara virtual keindahan destinasi wisata Indonesia seperti Raja Ampat, Danau Toba, Candi Borobudur dan Labuan Bajo. (Bro)

 

BERITA REKOMENDASI