Grand Final Piala Preside Esports 2021 Digelar di Nusa Dua Bali

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, mengatakan babak Grand Final Piala Presiden Esports 2021 Yang akan dilangsungkan Desember mendatang akan di Nusa Dua, Bali.

“Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan bangga mengumumkan bahwa destinasi wisata yang akan menjadi lokasi acara utama Piala Presiden Esports 2021 akan dilaksanakan di Pulau Dewata, Bali. Bali diharapkan dapat merepresentasikan keindahan alam dan budaya Indonesia. Dengan semangat positif kita pun berharap bahwa pandemi Covid-19 dapat semakin terkendali,” kata  Sandiaga di Jakarta, Sabtu (09/10/2021).

Lebih lanjut Sandiaga menuturkan, pemilihan Bali tak lepas dari upaya pemerintah memulihkan sektor pariwisata yang terpuruk imbas pandemi Covid-19. Dengan mengakomodasi keelokan alam dan budaya Indonesia, khususnya Bali ke panggung Piala Presiden Esports 2021, dharapkan menjadi daya tarik dan membuka mata publik esports mancanegara terhadap Indonesia. Belum lama Bali juga dinobatkan sebagai destinasi terpopuler dunia tahun ini versi TripAdvisor dalam penghargaan Travellers Choice kategori Best of the Best 2021. Bali berada di posisi teratas mengalahkan destinasi wisata lain, seperti London, Dubai, Roma, Hanoi, dan Bangkok.

Dijelaskannya seremoni pembukaan atau Kick Off Piala Presiden Esports (PPE) 2021 berlangsung megah dan mengangkat konsep artistik yang menunjukan berbagai keindahan alam, budaya, serta nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia. Kemasan ini selaras dengan upaya Pemerintah RI dalam mendorong pertumbuhan pariwisata melalui sports tourism. Seremoni pembukaan Piala Presiden Esports 2021 menjadi tanda dimulainya rangkaian pertandingan yang diikuti oleh lebih dari 61.784 atlet esports Tanah Air dan masih akan terus bertambah.

Hadir dan membuka rangkaian turnamen selain Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP) Abetnego Tarigan, Plt Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tursandi Alwi, Wakil Ketua PB Esports Indonesia (PBESI) Irjen (Pol) Andean Bonar Sitinjak, Direktur BCA Santoso, dan lain-lain. Seperti diketahui Piala Presiden Esports 2021 merupakan kerja kolaborasi antara Kantor Staf Presiden, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, KONI, dan PBESI.

Lebih laanju Sandiag menambahkan esports merupakan olahraga yang mengalami peningkatan signifikan selama kondisi pandemi. Industri esports Asia Tenggara diperkirakan mendulang peningkatan penggemar dan potensi pendapatan hingga 4,4 miliar USD. “Dengan demikian, kami berharap gelaran Piala Presiden Esports 2021 dapat mendatangkan wisatawan-wisatawan berbasis esports tourism. Event ini diharapkan membuka minat investor untuk masuk, agar lebih banyak lagi gamer-gamer, event organizer maupun ekosistem dari esports ini untuk menggerakan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” ungkapnya.

Ketua Pelaksana Piala Presiden Esports 2021 Rangga Danu Prasetyo menjelaskan, usai dilangsungkannya kick off, turnamen akan memasuki pertandingan-pertandingan di babak kualifikasi untuk enam cabang game yakni eFootball PES, Free Fire, Lokapala (game lokal), Mobile Legends, PUBG Mobile dan MPL Gaming. Babak kualifikasi akan berlangsung hingga tanggal 28 November mendatang dan terbagi dalam enam regional wilayah yaitu; Regional Sumatera, Regional Kalimantan, Regional Sulawesi, Regional Jawa, Regional Bali NTT NTB, dan Regional Maluku Papua.

“Dengan enam game yang dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2021, antusiasme peserta dan publik esports mengalami peningkatan yang luar biasa. Ini menunjukkan bahwa esports merupakan cabang olahraga yang sangat digemari di Indonesia. Semoga melalui kejuaraan ini, kita mampu mendapatkan atlet-atlet terbaik yang kelak mengharumkan Indonesia di turnamen level dunia,” tutur Rangga.

Selain trofi, para atlet dan tim yang bertanding akan berjuang memperebutkan total prize pool senilai total Rp 2 miliar dan kesempatan untuk menapaki karir yang lebih besar lagi di industri esports. Menariknya lagi, Piala Presiden Esports 2021 tidak hanya terbatas di level nasional saja. Di babak grand final juga akan ada pertandingan level internasional yang secara khusus mendatangkan tim esports kelas dunia. Hal ini diharapkan akan menjadi daya tarik yang besar bagi publik esports mancanegara untuk turut menyaksikan Piala Presiden Esports 2021. (Sim/Lmg)

BERITA REKOMENDASI