Gubernur BI: Sertifikasi Halal Penting untuk Mata Rantai Ekonomi Global

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJogja.com– Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menekankan pentingnya sertifikasi halal guna mengembangkan mata rantai ekonomi halal di Indonesia maupun tingkat global.
“Kalau kita hanya untuk kebutuhan sendiri sekarang itu tidak apa-apa, tapi kita harus berpikir ke depan dan juga dalam konteks Indonesia as one of the player in the world kita harus segera mempercepat dan mengakselerasi sertifikasi halal,” ujar Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo saat membuka acara “Opening Ceremony 1st Indonesia Internation Halal Fair & 2nd Intercontinentalk”, sebagai rangkaian dari Road to 8th ISEF 2021, secara virtual, di Jakarta, Senin  (21/6/2021).
Perry Warjoyo yang juga Ketua Dewan Pakar Pengurus Pusat MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) mengatakan, sertifikasi halal sebagai necessary condition untuk membangun mata rantai halal.
Negara-negara non Muslim, lanjutnya, sangat maju dalam mengembangkan sertifikasi produk halal baik makanan, fesyen, hingga kosmetik dan produk-produk tersebut telah membanjir global termasuk Indonesia. “ Sertifikasi halal baik itu untuk makanan, fashion , kosmetik sangat perlu kalau kita ingin menjadi  pemain ekonomi global . Kita harus  ingat bahwa masyarakat  apalagi yang milenial itu sangat konsen terhadap sertifikasi halal pada produk. Kalau ada dua produk, produk Indonesia tidak ada sertifikasi halalnya, sedangkan produk negara lain ada sertifikasi, maka  yang muda  akan memilih yang ada sertifikasi,   mohon kita harus memahami hal itu,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI