Gugat Revisi UU MD3 ke MK, Zico dan Josua Jalani Sidang Kedua Hari Ini

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA (KRjogja.com) – Hari ini adalah pelaksanaan sidang kedua bagi gugatan terhadap revisi UU MD3 yang diajukan oleh Zico Leonard Djagardo Sumanjuntak (21) dan Josua Satria Collins (20) kepada Mahkamah Konstitusi. Sidang ini merupakan tindak lanjut dari sidang pertama yang dilaksanakan pada 8 Maret 2018 lalu.

“Kemarin sidang pertama pada tanggal 8 Maret 2018. Itu pembacaan permohonan pertama kali. Nah, sekarang sidang kedua, yaitu perbaikan atau revisi permohonan,” tutur Josua pada KRJogja.com sebelum pelaksanaan sidang, Rabu (21/3). Selain itu, Josua juga menjelaskan mengenai gugatan utama yang mereka sampaikan.

“Argumen utamanya, kita mempermasalahkan Pasal 122 yang dianggap mengekang masyarakat dalam beropini atau mengkritik Dewan Perwakilan Rakyat karena di pasal itu MKD bisa memperkarakan seseorang yang dianggap merendahkan martabat DPR. Itu yang kita permasalahkan, bahwa seolah-olah membatasi orang dalam berpendapat khususnya dalam mengkritik DPR,” papar Josua.

Josua dan Zico bukan pemohon pertama yang mengajukan judicial review terhadap Revisi UU MD3. Sebelumnya, organisasi Forum Kajian Hukum dan Kosntitusi (FKHK) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah lebih dulu mengajukan permohonan untuk melakukan judicial review. 

“Kita pemohon ketiga untuk judicial review. Kami pertama kali mengajukan pada 26 Februari 2018,” terang Josua. Sidang kedua dari gugatan yang diajukan Josua dan Zico terhadap Revisi UU MD3 ini telah dimulai pada pukul 14.00 WIB di Gedung Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. (Rahina)

 

MD3

BERITA REKOMENDASI