Gunung Agung Siaga, 1.259 Masyarakat Sudah Mengungsi

JAKARTA, KRJOGJA.com – Aktivitas vulkanik Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali masih tinggi terlihat dari pergerakan magma ke permukaan yang menyebabkan sering terjadinya gempa vulkanik. Sekira 1.259 masyarakat di dekat Gunung Agung pun sudah mengungsi ke tempat aman dan jumlahnya akan terus bertambah.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, jumlah penduduk di Kawasan Rawan Bencana 3 (KRB 3) sesuai radius yang ditetapkan terdapat 49.485 jiwa yang berasal dari 6 desa di Kabupaten Karangasem, yaitu Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem; Desa Buana Giri, Kecamatan Bebandem; Desa Sebudi, Kecamatan Selat: Desa Besakih, Kecamatan Rendang; Desa Dukuh, Kecamatan Kubu; dan Desa Ban Kecamatan Kubu.

"Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem dan Pemerintah Provinsi Bali masih menyiapkan sarana dan prasarana pengungsian di lokasi titik pengungsian yang sudah ditetapkan," ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (21/9/2017)

Sedangkan sarana dan prasarana yang disiapkan BPBD, TNI, Polri, SKPD, PMI, relawan di antaranya pendirian tenda, MCK, dapur umum, logistik, kendaraan evakuasi, dan lainnya masih terus disiapkan.

Menurut Sutopo, pendataan pengungsi terus dilakukan karena jumlahnya terus bergerak naik. Meskipun kepala daerah setempat belum memerintahkan secara resmi mengungsi, namun warga berinisiatif mengungsi. Data sementara dari Pusdalops BPBD Provinsi Bali sudah terdapat 1.259 jiwa pengungsi. (*)

BERITA REKOMENDASI