Gunung Sinabung Kembali Erupsi

Editor: Ivan Aditya

KARO, KRJOGJA.com – Gunung Sinabung kembali meletus dengan intensitas tinggi, Sabtu, (20/05/2017). Tinggi kolom abu gunung yang terletak di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara itu kali ini mencapai 4 kilometer.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan letusan terjadi pada pukul 06.46 WIB. Adapun amplitudo 120 milimeter, dan lama gempa vulkanik 343 detik.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih menetapkan status Gunung Sinabung tetap Level IV atau Awas. Hal ini karena potensi letusan susulan masih tinggi.

"PVMBG merekomendasikan masyarakat dan pengunjung agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan – Tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara – Timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor Utara – Timur G. Sinabung," ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya juga mengimbau masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap ancaman bahaya lahar. Selain itu, mengingat telah terbentuk bendungan alam di hulu Sungai Laborus, maka penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran sungai Laborus agar tetap menjaga kewaspadaan. (*)

BERITA REKOMENDASI