Gunung Sinabung Kembali Meletus

Editor: Ivan Aditya

MEDAN, KRJOGJA.com – Gunung Sinabung meletus tiga kali pada Sabtu (02/12/2017), pagi dengan kolom tertinggi mencapai 2.500 meter yaitu pada letusan pertama. Hal ini dikonfirmasi Kepala Bidang Mitigasi Gunung API Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gede Suantika.

Gede mengatakan, letusan pertama terjadi pada pukul 07.40 WIB dengan tinggi kolom 2.500 meter dengan disertai luncuran awan panas yang mengarah ke selatan sejauh tiga kilometer. Lalu pada delapan menit berikutnya, terjadi letusan susulan setinggi 1.300 meter tanpa awan panas.

Letusan terakhir terjadi pada pukul 08.00 WIB dengan ketinggian kolom 1.800 meter. Gede mengatakan, ada embusan angin yang mengakibatkan awan panas bergerak ke arah timur.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo menyatakan, tidak ada korban dan pertambahan pengungsi pada letusan kali ini karena masyarakat sekitar Gunung Sinabung sudah mengetahui dan bersiap menghadapi letusan gunung tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI