Gunungkidul dan DIY Timur Waspadai Kekeringan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Deputi Bidag Klimatologi BMKG Drs Herizal Msi memprdiksi Kabupaten Gunungkidul dan DIY bagian timur termasuk 30 Persen wilayah berpotensi kekeringan selama tahun 2020. Hal itu sesuai perkembangan atmosfer per 20 Juni.

“Kondisi atmosfer selama ini umumnya memiliki pengaruh terhadap cuaca atau iklim di musim kemarau dan musim hujan yang terjadi di Indonesia. Kondisi atmosfer yang memengaruhi iklim antara lain suhu muka laut yang netral, kondisi Dipole Mode Samudera Hindia (IOD) bernilai positif (IOD+), dan kondisi ENSO netral,” ungkapnya.

Dia menjelaskan dari berbagai kondisi tersebut diperkirakan musim kemarau di sebagian wilayah Indonesia akan cenderung basah, mencapai sekitar 50 persen wilayah. Kecenderungan musim kemarau yang basah maksudnya adalah meskipun sudah memasuki musim kemarau, tetapi curah hujan masih bisa terjadi dalam kategori rendah hingga sedang. “Namun perlu tetap diwaspadai adanya potensi kekeringan di 30 persen wilayah Zona Musim (ZOM),” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI