Gunungkidul Raih 2 Penghargaan IRSA 2016

JAKARTA (KRjogja.com) – Kabupaten Gunung Kidul meraih dua (2) penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2016 untuk pilar Berkeselamatan dan Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada kota dan kabupaten terbaik yang telah menerapkan program-program terkait keselamatan jalan.

"Semangat program IRSA untuk memberikan dukungan kepada pemerintah kota dan kabupaten agar terus bekerja keras menerapkan pilar-pilar keselamatan jalan di lingkungan pemerintahannya," kata CEO Adira Insurance, Indra Baruna.

Gunung Kidul pada IRSA kali ini masuk dalam kategori kabupaten dengan jumlah penduduk di bawah 1 juta. Pemilihan peraih award diperoleh setelah dilakukan survei dan observasi lapangan, yang hasilnya dapat digunakan penilaian untuk mengeksplorasi dan mengukur kualitas penerapan tata kelola keselamatan jalan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang hadir dalam penganugerahan IRSA meminta agar dunia usaha turut serta mengkampanyekan tentang keselamatan lalu lintas. "Saya menghimbau kepada pihak Adira untuk terus berkampanye kepada anak-anak di bawah umur agar tidak  diberikan izin mengendarai sepeda motor," katanya.

Menhub menegaskan, masalah keselamatan dalam berlalu lintas adalah hal yang mutlak dan tidak bisa ditawar lagi dan harus terus dikampanyekan.Dengan adanya lalu lintas yang berkeselamatan, maka tingkat kecelakaan dan angka kematian akibat kecelakaan bisa ditekan.

Menurut Menhub, keselamatan berlalu lintas merupakan tanggung jawab semua pihak. Karena itu, diperlukan adanya kemauan berbagai tersebut berpartisipasi dalam kampanye keselamatan lalu lintas. (Imd)

 

BERITA REKOMENDASI