Guru Besar IPB Siapkan ‘Capacity Building’ Generasi Milenial X – Z

BOGOR (KRJogja.com) – Sesuai perkembangan di era revolusi industri 4.0, Indonesia juga sudah mempersiapkan untuk memasuki era industri 5.0. Industri 4.0 menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Merupakan tren otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi. Pada era ini, industri mulai menyentuh dunia virtual, membentuk konektivitas antar manusia, mesin dan data, yang dikenal dengan nama internet of things (IoT).

Guru Besar IPB Prof Hadi S Alikodra mengemukakan hal tersebut ketika menyampaikan pandangan mengapa diselenggarakannya diskusi intensif atau diskusi terfokus (focus group discussion/FGD) dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. FGD dengan topik ‘Capacity Building Generasi Milenial Era Industri 4.0 Lingkungan Hidup dan Kehutanan bagi Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan’ dibuka Sekjen KLHK Dr Bambang Hendroyono. Menghadirkan narasumber lain di antaranya Dr Sugeng Budiharsono dengan pemaparan tentang ‘Revolusi Industri 1.0 – 5.0 dan Kohor Generasi’.

Hadi Alikodra mengemukakan, komitmen pemerintah Indonesia pun baru ditunjukan dengan diluncurkannya kebijakan “Making Indonesia 4.0” oleh Presiden Joko Widodo, awal April tiga tahun silam. “Sesuai misi KLHK, maka kebijakan ini harus segera ditindak lanjuti sambil mengarah ke era industri 5.0, dengan cara menyiapkan capacity building generasi milenial, di bidang lingkungan hidup dan kehutanan,” tandas Guru Besar IPB tersebut.

BERITA REKOMENDASI